Manado, CNN Indonesia

Bandara Sam Ratulangi, Manado, masih ditutup sementara sejak Kamis (18/4) kemarin hingga Jumat (19/4) sore pukul 18.00 WITA.

Angkasa Pura I (AP I) menyebut penutupan sementara ini imbas erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

“Tutup 19 April 2024 pukul 06.15 WITA sampai dengan 18.00 WITA,” kata Humas Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Yanti Pramono kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara ini, para calon penumpang telah memenuhi ke Bandara Sam Ratulangi untuk mempersiapkan kembali perjalanannya, yang sebelumnya terhenti akibat erupsi Gunung Ruang.

Dampak abu Gunung Ruang ini sebelumnya sudah terdeteksi berkat paper test yang dilakukan oleh pihak Angkasa Pura I mulai pukul 07.00 WITA.

Dari hasil koordinasi dengan beberapa stakeholder yang terdiri dari Otoritas Bandara, BMKG, Airnav dan maskapai penerbangan, seluruh penerbangan pada Kamis kemarin ditunda.

“Kami harus melakukan pemberhentian sementara karena alasan keselamatan penerbangan tentunya,” General Manager AP I Bandara Sam Ratulangi Maya Damayanti, kemarin.

Maya menjelaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan monitoring dan pengawasan terhadap perkembangan situasi Gunung Ruang yang berdampak pada Bandara Sam Ratulangi Manado.

Pihak maskapai juga memberikan opsi untuk pengembalian uang (refund)atau penjadwalan ulang (reschedule) bagi penumpang yang penerbangannya dibatalkan.

“Kami berharap seluruh penumpang untuk memaklumi hal ini untuk keselamatan bersama,” ujarnya.

Pihak bandara mencatat ada 33 penerbangan yang dibatalkan, yang mencakup penerbangan reguler komersial, pesawat kargo dan carter.

[Gambas:Video CNN]

(mir/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *